Akhirnya Polisi Berhasil Amankan Pelaku Pengerusakan dan Pembakaran di Yahukimo

MENINJAU.COM- Pada akhirnya pada hari Jumat tanggal 23 Juli 2021 pukul 07.00 Wit bertempat di Distrik Sumo Kabupaten Yahukimo telah terjadi pengerusakan dan pembakaran rumah oleh sekelompok masyarakat.

Kronologis kejadian:
Berawal pada hari Kamis tanggal 22 Juli 2021 pukul 19.00 Wit, masyarakat mendengar dari saudara Niko Anaboin bahwa sudah ada Pergantian Kepala Distrik dari saudara Niko Anaboin ke saudara Deminus Kobak namun hanya melalui Nota Dinas. Atas kejadian tersebut, masyarakat merasa kecewa.

Selanjutnya pada hari Jumat tanggal 23 Juli 2021 pukul 07.00 Wit masyarakat mencari saudara Joni Bahabol dikarenakan merasa curiga bahwa saudara Joni Bahabol yang memasukkan nama saudara Deminus Kobak untuk jadi Kepala Distrik Sumo, pada saat melakukan pencarian, masyarakat melihat saudara Joni Bahabol berada di rumah Pendeta Budi Bahabol dan langsung melakukan Pengrusakan di Rumah Pendeta Budi Bahabol. Selanjutnya kelompok Masyarakat menuju ke kediaman Bupati.

Pukul 09.10 Wit Kelompok Masyarakat tiba di kediaman Bupati Kabupaten Yahukimo untuk menanyakan terkait Pergantian Kepala Distrik, namun tiba-tiba kelompok masyarakat tersebut melakukan Pengrusakan dengan cara Melempari kaca rumah Kediaman Bupati Kabupaten Yahukimo.

Pukul 09.15 Wit Anggota Polres Yahukimo dan Brimob BKO Polda Papua tiba di Kediaman Bupati Kabupaten Yahukimo dan mengamankan TKP serta mengamankan orang-orang yang melakukan Keributan/pengrusakan di Kediaman Bupati Kabupaten Yahukimo untuk dimintai keterangan atas kejadian tersebut.

Identitas korban:
1. Bupati Kabupaten Yahukimo (Kediamannya di rusak masyarakat);
2. Rumah Pendeta Budi Bahabol (Rumahnya di Rusak);
3. Rumah saudara Joni Pahabol (Rumah di bakar masyarakat).

Langkah –langkah kepolisian yang dilakukan yakni:
Menerima laporan, mendatangi TKP, mengamankan TKP, melaksanakan Olah TKP, mengamankan masyarakat yang teribat aksi, melakukanpendekatan terhadap para tokoh- tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Yahukimo.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan atas kejadian tersebut Polres Yahukimo mengamankan sebanyak 9 orang masyarakat dan saat ini masih dalam pemeriksaan intensif penyidik Polres Yahukimo.

Kami cukup sayangkan atas kejadian tersebut,  masyarakat seharusnya tidak melakukan kekerasan, jika ada permasalahan alangkah baiknya, di kroscek serta tanyakan kepada pejabat yang berwenang.

                                                                                                  
Ads1

BERITA

Ads2