Headlines
Loading...
TMMD Sengkuyung Di Desa Gunung Resmi Ditutup

TMMD Sengkuyung Di Desa Gunung Resmi Ditutup

MENINJAU.COM -  Kodim 0724/Boyolali menggelar upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 di lapangan desa Gunung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Jumat ( 07/06/2024)

Dandim 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, S Pd M Han sebagai Irup upacara membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Dedi Suryadi, S.I.P, pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, karena hanya atas limpahan rahmat dan ridho-Nya, pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan, sehingga dapat mengikuti upacara Penutupan TMMD Reguler Ke-120 dan Sengkuyung Tahap II TA 2024 di masing- masing kabupaten/kota wilayah Kodam IV/Diponegoro, dalam keadaan sehat wal'afiat dan dengan suasana penuh kebersamaan serta kekeluargaan. 

Perlu saya sampaikan bahwa Program TMMD yang telah diselenggarakan selama lebih dari delapan dekade ini merupakan salah satu Program Bakti TNI yang difokuskan untuk membantu Pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di pedesaan dan di daerah- daerah terpencil. 

Kami menyadari bahwa TNI, dalam hal ini Kodam IV/Diponegoro, tidak dapat bergerak sendiri melaksanakan program ini dan senantiasa membutuhkan dukungan semua pihak. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terimakasih kepada para Bupati/Wali Kota beserta jajaran Forkopimda, pejabat dinas OPD terkait, anggota TNI-Polri setempat, dan segenap warga masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan bersama TNI, dengan penuh semangat dan bahu- membahu untuk menuntaskan program- program TMMD di masing-masing lokasi. 

TMMD Reguler ke-120 tahun 2024 kali ini mengambil tema "Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah". Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara. 

Pada program tahap II TA 2024 kali ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar TMMD Reguler ke-120 di beberapa Kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo, Sukoharjo, Banjarnegara, dan Semarang. Selain empat kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatanpembangunan di daerah secara merata dan menyeluruh. 

Pada penyelenggaraan TMMD tahap ini telah berhasil diselesaikan pekerjaan sasaran fisik seperti pembangunan rabat beton, pembangunan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan talud jalan, Rehab masjid dan pos Siskamling. Sementara itu untuk sasaran non fisik meliputi sosialisasi penegakan Perda, penyuluhan kesehatan dan penurunan stunting, penyuluhan Posyandu dan Posbindu, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan swasembada pangan dan sosialisasi penanggulangan bencana alam. 

Selanjutnya juga dilaksanakan sasaran yang menjadi program unggulan Bapak Kepala Staf Angkatan Darat yang meliputi program pompanisasi, penanaman pohon, pembersihan pasar dan sungai, Rehab RTLH, pembuatan sumur bor, pembagian sembako, program ketahanan pangan dan Rehab masjid. 

Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik maupun non fisik TMMD dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, sebelum mengakhiri amanat ini, saya sampaikan beberapa perhatian sebagai berikut : 

a. Kepada para prajurit TNI, jaga selalu nama baik TNI dengan memedomani 8 Wajib TNI demi mempererat dan memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat. Setelah kegiatan TMMD ini selesai, segera kembali ke satuan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan. 

b. Manfaatkan momentum TMMD secara optimal dengan melaksanakan kegiatan di masing-masing wilayah seperti olahraga, seni budaya dan agama. 

c. Jaga dan pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. 

d. Kepada para Dansatgas TMMD, segera lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada program TMMD mendatang. 

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Boyolali Bapak Wahyu Irawan, S H., Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parninggotan Silalahi, SH,.SIK, MH. dan Forkompinda lainya, Kepala OPD.

Adapun rangkaian upacara yaitu peninjauan Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2024 dan pemotongan pita.

Agus Kemplu

Kabar berita seputar politik, hukum, sosial, pendidikan, kesehatan. Dikemas independen dan akurat.