Headlines
Loading...
GAKESLAB Indonesia Gelar RAPIMNAS Tahun 2024 Serta Peresmian Sekretariat Baru

GAKESLAB Indonesia Gelar RAPIMNAS Tahun 2024 Serta Peresmian Sekretariat Baru

MENINJAU.COM - Perkumpulan Organisasi Perusahaan Alat-Alat Kesehatan dan Laboratorium Indonesia ( GAKESLAB INDONESIA) menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) pada Kamis, 30 Mei 2024 bertempat di Hotel Oakwood, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.
 
Awak media berkesempatan mewawancarai Panitia Pelaksana, Murniati Harjo Pardi, SH, MH, dan mengatakan bahwa kegiatan ini (RAPIMNAS) kontinue dilakukan setiap tahun. 
“Pimpinan hadir yaitu Pimpinan Pengurus Pusat, Kordinator wilayah dan Ketua-ketua Provinsi se Indonesia. RAPIMNAS tahunan dilakukan untuk melakukan evaluasi, koordinasi dan pembahasan Program kerja periode 2024 untuk mengawal tercapainya target empat tahun masa bakti kepengurusan yang telah ditetapkan oleh KETUM”, ujarnya.
 
Sementara itu, Direktur Pengawasan Alkes dari KEMENKES RI yakni dra.Eka Purnamasari Apt.,M.K.M mengatakan bahwa GAKESLAB INDONESIA sudah lama bekerjasama dan banyak sekali perannya. “GAKESLAB telah Mendukung program pemerintah mewujudkan ketahanan alat kesehatan di Indonesia. Disamping itu Kemenkes juga mendorong GAKESLAB untuk membangun industri dan menjaga produk serta alat kesehatan yang beredar agar memiliki nilai keamanan dan manfaat, sehingga ALKES branding (merek) dalam negeri semakin dipercaya oleh user, (dokter), dan fasilitas kesehatan,” tuturnya.

Dalam acara RAPIMNAS tersebut diluncurkan pula inovasi terbaru GAKESLAB INDONESIA yang diberi nama GOINDO(Gakeslab innOvation healthcare INdustry DOwnstream).
“GOINDO akan berkontribusi dalam katahanan ALKES Indonesia dengan meningkatkan value rate industry dari anggota GAKESLAB. Saat ini komposisi produk impor mencapai 70 persen menjadi tantangan berat, hampir semua alkes punya hitech dan banyak item juga. Namun GOINDO Optimis kedepan akan menurun,” ungkap Irwan Hermanto Selaku Ketua GOINDO. 

Program GOINDO Sejalan dan sesuai dengan kebijakan pemerintah agar memprioritaskan produk dalam negeri. Tiga Program GOINDO yakni untuk Busines to Academy (B-A), Business to Business (B-B) dan Business to Comercial (B-C).
 
Sedangkan dari Bidang Komunikasi External GAKESLAB, Bayu Iman Eryawan, mengatakan terkait kantor (Sekretariat) baru yang juga diresmikan dalam acara RAPIMNAS ini, dengan sekretariat atau kantor baru GAKESLAB untuk mempermudah konsolidasi.
“Mempermudah konsolidasi antar anggota dan stakeholder dalam mendukung program pemerintah agar menuju pelayanan kesehatan yang baik,” katanya dengan ramah.
 
Begitu juga dengan Wakil Ketua 1 GO INDO sekaligus KaSubBid Komunikasi Internal, Hartanto, mengatakan bahwa di dalam GO INDO GAKESLAB ini juga memfasilitasi Kerjasama periset bersama anggota-anggota GAKESLAB.
“Memfasilitasi kerjasama periset bersama anggota-anggota GAKESLAB yang bergerak di bidang industri Alat Kesehatan. Ini sebagai perwujudan GAKESLAB mendukung Pemerintah bangun bangsa, terutama membangun di bidang kesehatan,”bebernya.
 
Lebih lanjut, dari PT Sucofindo, Agus Permadi, mengatakan bahwa yang diwadahi GAKESLAB pelaku dari dalam negeri bisa maksimal. 
“Pembelian alkes produk dalam negeri dapat dilakukan diantaranya Melalui BUMD BUMN  dan Pemerintah dimana  produk dari dalam negeri bisa hadir di negeri sendiri. Nanti kedepannya barang barang/alat-alat kesehatan yang impor bisa diganti oleh produk dalam negeri. SUCOFINDO ini merupakan lembaga verifikasi yang ditunjuk pemerintah dalam melakukan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negri(TKDN) alat kesehatan dan laboratarium,” ujarnya.

Sedangkan dari Direktorat Ketahanan Farmasi dan Alat Kesehatan (DITHAN) Kementrian Kesehatan, diwakili drg.R. Edi Setiawan., M.K.M mengatakan 
“Kami mempunyai program transformasi kesehatan pilar ketiga dan membantu usaha pelaku industri, salah-satunya bisnis  matching dalam dan luar negeri. Usaha CE Marking agar jika ekspor ke pasar eropa bisa diakui,” katanya dengan ramah.

Dari Kementerian Perindustrian, diwakili oleh Bendi Adi Purwanto, mengatakan bahwa yang menjadi perhatian saat ini yaitu bagaimana menarik investor. “Jadi kami harapkan agar GAKESLAB menjadi pintu masuk bagi investor. Kami siap mendukung dengan regulasi yang ada dari hasil Rapimnas GAKESLAB ini,” ujarnya.

Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan berbagai kementerian dan lembaga mitra Gakeslab Indonesia, seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Perindustrian, SUCOFINDO, VISI lawfirm, Bank Syariah Indonesia dan lainnya.

(Narti)

Kabar berita seputar politik, hukum, sosial, pendidikan, kesehatan. Dikemas independen dan akurat.