Headlines
Loading...
Surat terbuka minta Pj.Gubernur Papua Tengah Tutup tambang emas Ilegal di Mogodagi Distrik Kapiraya

Surat terbuka minta Pj.Gubernur Papua Tengah Tutup tambang emas Ilegal di Mogodagi Distrik Kapiraya


Kepada
Yth. PJ. Gubernur Propinsi Papua Tengah, MRP PT, DPRP, serta Pemda Deiyai dan Dogiyai

Di Tempat

Dengan hormat,- 

Melalui surat terbuka ini, kami menyampaikan keberatan atas masuknya PT. Zoomlion Indonesia Heavy Industry  di Kampung Mogodagi di Distrik Kapiraya. Tujuan masuknya PT Zoomlion ini adalah untuk operasi tambang emas.

PT. Zoomlion Indonesia Heavy Industry adalah cabang perusahaan dari PT. Zoomlion yang bermarkas di China. PT Zoomlion adalah perusahaan terbesar di Tiongkok. Perusahaan Tambang Emas di Kampung Mogodagi di Distrik Kapiraya Kabupaten Deiyai ini mulai beroperasi pada bulan Januari 2023. Selama 1 tahun beroperasi secara manual. Pada bulan Mei 2024 Perusahaan ini membawa masuk 2 buah excavator dan 2 buah mobil hylux.

Kampung Mogodagi berada di perbatasan Kabupaten Deiyai dan kabupaten Dogiyai. *Perusahaan ini masuk beroperasi di Kampung Mogodagi tanpa izin dari Masyarakat setempat.* 

Melalui surat terbuka ini, kami bertanya: " *siapakah yang memberi izin PT Zoomlion ini masuk beroperasi tambang emas? Apakah pihak pemerintah  Propinsi Papua Tengah, atau Propinsi Papua, atau Pemda Deiyai, atau Pemda Dogiyai yang memberi izin untuk beroperasi tambang Emas di Kampung Mogodagi di Distrik Kapiraya? Ataukah masuk tanpa izin Pemda Propinsi dan Pemda Kabupaten?* "

Kami mohon pihak PJ. Gubernur Propinsi Papua Tengah, MRP PT dan DPRP, serta Pemda Deiyai dan Dogiyai *segera memberi klarifikasi* terkait dengan PT. Zoomlion Indonesia Heavy Industry yang masuk tanpa izin pemilik hak ulayat warga setempat. 

Jika *perusahaan ini atas izin pemerintah Propinsi atau pemda Dogiyai atau Deiyai, maka kami minta segera hentikan perusahaan ini dalam kerangka selamatkan hutan dan warga setempat.* 

Demikian surat terbuka ini kami keluarkan untuk segera ditindak-lanjuti oleh pihak-pihak terkait. 

Dikeluarkan di Deiyai: Rabu, 15 Mei 2024

Teriring Salam dan Hormat

TTD

SELPIUS BOBII
(Koordinator JDRP2, juga Ketua Umum Front PEPERA Papua )

Kabar berita seputar politik, hukum, sosial, pendidikan, kesehatan. Dikemas independen dan akurat.