Urban Farming Serentak Dukung Program Han Pangan Nasional di Wilayah Kodim 0507/Bekasi

MENINJAU.COM - Kota Bekasi - Bersama warga dan unsur pemerintahan Kota Bekasi Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, B.S., M.MDS., mengikuti virtual zoom secara serentak dalam acara Urban farming Kodam Jaya Tahun 2023, bertempat di wilayah Koramil 05/Bantargebang, yang berada di Rt 003 Rw 06 Kel Padurenan Kec Mustikajaya Kota Bekasi.

Turut hadir dalam acara pejabat Ketahanan Pangan Pemkot Bekasi, Dinas LH Kota Bekasi, Aparatur Kelurahan Padurenan, Ketua RT/RW dan Pemuda Karang Taruna serta warga di sekitar lokasi acara.

Kegiatan yang pelaksanaannya terpusat di Taman Keyla Kebayoran Lama Jakarta Selatan, dibuka langsung oleh Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Mohamad Hasan, diikuti oleh jajaran Korem 051/Wkt dan Korem 052/Wkr dengan melibatkan Kodim dan Koramil jajaran wilayah Kodam Jaya secara tersebar di 31 titik, pada Jumat (24/11/2023)

Dalam pembukaannya, Pangdam Jaya/Jayakarta menyampaikan bahwa Urban farming didefinisikan sebagai konsep memindahkan pertanian konvensional ke pertanian perkotaan. 

"Faktor yang membedakan terletak pada pelaku dan media tanamnya. Urban farming atau urban agriculture adalah kegiatan budidaya tanaman di sekitar wilayah kota besar (metropolitan) atau kota kecil untuk memperoleh bahan pangan atau kebutuhan lain dan tambahan finansial," tutur Mayjen TNI Hasan.

"Urban farming ini berkembang sebagai respon dari banyaknya masalah yang berkaitan dengan kehidupan di perkotaan yang semakin berkurangnya lahan pertanian karena pembangunan," tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, B.S., M.MDS., turut melakukan interaksi dengan Pangdam Jaya/Jayakarta dalam acara sesi tanya jawab.

Dandim di dampingi oleh Herbert Panjaitan (Kadis Ketapang Kota Bekasi) dan Ibu Melina dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, menyampaikan bahwa kegiatan Urban Farming di wilayah Kodim 0507/Bekasi  memanfaatkan lahan seluas 500m persegi (milik Perumahan Royal Park Residence) yang di tanami dengan tanaman bayam, kangkung, cabe dan terong.

"Dengan harapan, lahan tidur yang tidak terkelola ini dapat bermanfaat bagi warga di sekitar Kelurahan Padurenan," ucap Dandim.

"Saat ini kami bersama sama Dinas LH dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Bekasi, sudah mengerjakan beberapa lahan tidur lainnya yang berada di Koramil Koramil jajaran Kodim 0507/Bekasi," jelasnya.

Pihak pemerintahan Kota Bekasi diwakili oleh Kadis Ketahanan Pangan Kota Bekasi turut menyampaikan bahwa Pemkot Bekasi mendukung program urban farming di Kota Bekasi dengan memanfaat lahan rumah tangga, lahan lingkungan untuk di berdayakan menuju ketahanan pangan Kota Bekasi. 

Selain itu, pihak Pemkot Bekasi akan terus berkordinasi dengan Kodim 0507/Bekasi serta siap mendukung bibit tanaman, berupa pohon cabe yang sudah siap tanam.

Sebelum mengakhiri kegiatan tersebut, Dandim 0507/Bekasi bersama Kadis Ketapang dan LH serta warga melakukan penanaman bibit tanaman terong secara bersama sama sebanyak kurang lebih 50 pohon dilahan urban farming.

Dalam kesempatan tersebut Dandim menyampaikan bahwa dengan adanya urban farming tersebut dapat bermanfaat bagi warga dengan ketahanan yang kuat masyarakat akan menjadi sehat.

(Sumber Kodim 0507/Bekasi)
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak