• Jelajahi

    Copyright © MENINJAU MEDIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Senkom Mitra Polri Klaten Menjadi Panitia Outbond Kader Muda LDII

    20 Maret, Maret 20, 2022 WIB Last Updated 2022-03-21T04:34:01Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    MENINJAU.COM- Kemaren tanggal 19-20 maret 2022, bertempat di Bumi Perkemahan Dewa Ruci, Pengurus Senkom Mitra Polri Kabupaten Klaten turut serta menjadi Panitia Penyelenggara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Pemuda Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) se Eks Kawedanan Delanggu Kabupaten Klaten.

    Acara ini sengaja digelar agar pemuda LDII memiliki jiwa kepemimpinan yang nasionalis, profesional, inovatif dan memiliki integritas yang tinggi baik terhadap Agama, Nusa dan Bangsa.

    Adapun keterlibatan Senkom Mitra Polri dalam acara ini selain menjadi panitia adalah sebagai wujud implementasi dari nota kesepahaman (MoU) Senkom Mitra Polri dengan LDII No. MoU - 07/DPP LDII/IV/2012

    No. MoU - 05/PP. SENKOM/IV/2012, yang bertujuan untuk menyelenggarakan kemitraan dalam penguatan moral dan karakter bangsa dengan menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat dan lingkungan yang lebih kondusif.

    Nota Kesepahaman ini tentunya mengandung tugas dan tanggung jawab dari kedua belah pihak, yakni PIHAK PERTAMA bertanggungjawab:

    1.LDII melaksanakan pendidikan dan dakwah keagamaan bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang berasal dari anggota Majelis-majelis Taklim yang dikelola LDII, dengan pelaksanaan yang lebih baik maka diperlukan penciptaan ketertiban dan keamanan melalui kerjasama dengan SENKOM selaku Pihak Kedua.

    2. LDII menyediakan SDM dari seluruh Majelis Taklim yang dikelola LDII se Indonesia secara bertahap untuk mengikuti pelatihan yang diadakan oleh PIHAK KEDUA dalam bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap membangun kemanan dan ketertiban

    E. LDII memfasilitasi sarana dan prasarana pelatihan (ruangan dan audio visual aid) yang dibutuhkan SENKOM dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan kelancaran kegiatan acara pendidikan dan pelatihan tersebut

    4. LDII memberikan pembinaan mental (bintal) kepada personil SENKOM dalam bidang keagamaan dan bidang pendidikan karakter bangsa secara intensif sesuai dengan kebutuhan dan permintaan SENKOM.

    PIHAK KEDUA mempunyai tanggungjawab, sebagai berikut:

    1. SENKOM Mitra POLRI, berusaha untuk menciptakan iklim yang kondusif kepada segala bentuk kegiatan LDII dalam rangka penguatan moral dan karakter bangsa dengan menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat dan lingkungan yang lebih kondusif.

    2. SENKOM Mitra POLRI akan memberikan pelatihan dan pendampingan (counseling) dalam Pendidikan dan Pelatihan Keamanan dan Ketertiban bagi setiap SDM LDII peserta pelatihan yang ditunjuk atau dipersiapkan oleh LDII secara berrencana dan berkelanjutan.

    (3) SENKOM Mitra POLRI dapat memanfaatkan jasa para ustadz/ulama LDII dengan menggunakan sarana dan prasarana yang dikelola LDII untuk penyelenggaraan pendidikan rohani dan keagamaan bagi para anggotanya.

    Ketua Penyelenggara LDK, Rofik Eko Riyanto mengatakan LDK adalah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Sebanyak 60 pemuda LDII dibekali agar beraktivitas nyata di organisasi dengan pengetahuan serta skill kepemimpinan dan keorganisasian.

    Disebutkan Rofik, LDK bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus Pemuda LDII se-Eks Kawedanan Delanggu yang nantinya akan menjadi pemimpin atau generasi penerus organisasi.

    Ia berharap, melalui LDK terbangun kepemimpinan dan organisasi yang efektif, efisien sehingga membawa perubahan positif di organisasi dan lingkungan. "Dengan kepemimpinan yang telah diperoleh, akan menjadikan modal bagi anak muda sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang dengan tetap memegang prinsip serta norma hidup yang bermanfaat bagi orang lain serta berani bertanggungjawab sebagai calon pemimpin baik bagi dirinya, lingkungan bangsa dan negara," harap Rofik.

    Senada dengan Rofik, Poniman M Rosyied menjelaskan bahwa pada kegiatan kali ini, SENKOM mendapatkan kesempatan sebagai pemandu Outbond peserta LDK, dan sekaligus Panitia acara.

    "Berbekalkan pengalaman-pengalaman kami di SENKOM, Insya Alloh hal tersebut juga sangat bermamfaat ketika saat ini kami tularkan kepada Generasi Muda LDII Klaten" Tutup Poniman .

    Penulis : Rizal PM
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini