News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KSAL Pimpin Langsung Sertijab Tiga Pati TNI AL

KSAL Pimpin Langsung Sertijab Tiga Pati TNI AL

MENINJAU.COM - Acara serah terima jabatan Panglima Kolinlamil. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali memimpin serah terima jabatan tiga perwira tinggi (Pati) TNI AL di Mako Kolinlamil, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Ketiga jabatan tersebut adalah Komandan Pusat Hidro-Oseanografi (Danpushidrosal) dari Laksamana Madya Nurhidayat yang memasuki masa pensiun diserahkan ke Laksamana Muda Budi Purwanto yang sebelumnya sebagai Wakil Komandan Pushidrosal (Wadanpushidrosal).

Ali mengatakan, Pushidrosal bertugas menyelenggarakan survei pemetaan Hidro-Oseanograf militer maupun nasional serta menyiapkan data dan informasi di wilayah perairan dan yurisdiksi nasional.

“Dalam rangka mendukung kepentingan TNI maupun publik untuk pertahanan negara dan pembangunan nasional,” kata Ali.

Selanjutnya, jabatan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) diserahkan oleh Laksamana Muda Edwin kepada Laksamana Pertama TNI Hudiarto Krisno Utomo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Asisten dan Perencanaan Anggaran (Waasrena) KSAL.

“Kolinlamil merupakan Komando Utama (Kotama) pembinaan dan operasional TNI AL yang mengemban tugas membina kemampuan sistem angkatan laut militer termasuk potensi angkatan laut nasional,” ujarnya.

Kemudian, jabatan Asrena KSAL diserahkan dari Laksamana Muda Iwan Isnurwanto yang memasuki masa pensiun kepada Laksamana Muda Edwin.

Ali menyampaikan, rotasi jabatan ini adalah bentuk apresiasi atas prestasi, dedikasi, kerja keras, dan kemampuan yang dimiliki oleh para perwira tinggi yang bersangkutan.

“Semoga kepercayaan tersebut dapat dijawab dengan kinerja dan kontribusi yang lebin baik dalam melanjutkan capaian tugas dan hasil operasi yang tela ditorehkan pejabat sebelumnya,” tandasnya.

Pergantian pimpinan Pushidrosal dan Kolinlamil merujuk pada Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 pada 9 November 2023. Dalam SK itu, Laksamana Madya TNI Nurhidayat kembali ke Markas Besar TNI AL dalam rangka pensiun.

Sementara itu, Laksamana Muda TNI Edwin saat ini resmi bertugas sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal menggantikan Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto. Laksda Iwan juga kembali sebagai perwira tinggi Mabes TNI AL dalam rangka pensiun.
Turut hadir dalam upacara serah terima jabatan Pangkolinlamil para pejabat tinggi TNI AL antara lain Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi DKI Jakarta, para Asisten Kasal, para Kadis jajaran Mabesal,  Pimpinan Kotama Wilayah Barat dan Timur, para Mantan Panglima Kolinlamil dari masa ke masa, para Perwira,  Bintara, Tamtama serta segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran TNI Angkatan Laut.

(JNI)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.