PT Pura Enginering (Pura Group) Produksi Mesin Pengelola Kelapa Sawit

MENINJAU.COM- CPO sangat fluktuatif, yang mengakibatkan banyak petani sawit merugi. Dengan mengolah CPO menjadi minyak goreng, proses produksi dan distribusi minyak goreng bisa dilakukan di daerah.  Sehingga suply minyak goreng tidak harus bergantung dari kota.

Dedi Putranto selaku Direktur Utama PT Pura Group mengatakan bahwa pada waktu lalu sempat terjadi kelangkaan minyak goreng, untuk itu, maka pihaknya membuat mesin ini sebagai solusinya,” ujarnya, Selasa (21/12/2022) di JCC Senayan. 

Padahal Indonesia adalah penghasil sawit No. 1 di dunia kenapa hal itu terjadi. Menteri Pertanian Yasin Limpo mengapresiasi mesin pengolahan kelapa sawit milik PT Pura Enginering kemarin. Pilot projek itu diharapkan bisa dikembangkan.

"Mesin ini bisa memproduksi minyak goreng dari 700 liter hingga 1000 liter, namun belum launching. CPO hanya bisa bertahan dua hari, dengan menjadi minyak goreng bisa bertahan berbulan bulan, begitu harga naik bisa di jual oleh petani. Sebab kelapa sawit jika sudah buka langsung bersenyawa sehingga rendeman (kadar air) berubah,” tambahnya.

Mesin pengolahan minyak goreng untuk petani sawit ini merupakan salah satu alternatif usaha yang bisa dikembangkan di daerah penghasil sawit. 

Beberapa daerah penghasil minyak CPO dapat membuat pengolahan minyak goreng skala kecil. Kualitas minyak goreng yang hasilkan dari mesin ini pun layak konsumsi. 

Usaha pengolahan minyak goreng merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dijalankan oleh petani 

Khususnya desa-desa penghasil minyak CPO. Mengolah CPO menjadi minyak goreng dengan skala kecil akan meningkatkan nilai tambah CPO yang selama ini banyak dijual dengan harga murah

Kelapa sawit dapat diolah menjadi bermacam-macam produk seperti minyak goreng, margarin, sabun, kosmetika dan lain-lain. Minyak sawit tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan karena memiliki sifat tahan oksidasi dengan tekanan tinggi, mampu melarutkan bahan kimia yang tidak larut oleh bahan pelarut lainnya, mempunyai daya melapis yang tinggi dan tidak menimbulkan  iritasi pada tubuh jika digunakan untuk kosmetik.

Mesin pengolah kelapa sawit terbaru menjadi primadona bagi berbagai pabrik pengolahan kelapa sawit di Indonesia. Hampir semua produsen kelapa sawit di tanah air menggunakan berbagai jenis mesin canggih yang memudahkan proses pengolahan kelapa sawit.

Ketika semuanya sudah bisa diproduksi masal, maka bisa dirasakan manfaatnya terkait misi kemandirian energi dalam negeri dan bahkan negara lain bisa memanfaatkan karya anak bangsa. Indonesia berusaha bisa mandiri dalam pengolahan sumber daya alam ke depan.
LihatTutupKomentar